Sunday 21 August 2011

Mahabharata


Judul : Mahabharata
Penulis : Nyoman S. Pendit
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Kisah epik yang sangat terkenal dari zaman dahulu ini benar-benar sebuah bacaan yang sangat saya rekomendasikan untuk semua orang. Selain mengajarkan hal-hal bijak, buku ini juga memuat banyak ajaran moral juga cara hidup dalam dharma.

Saya lebih menyukai ini dibandingkan Ramayana. Saya menghabiskan waktu lama sekali untuk menghabiskan Ramayana karena membosankan. Tapi Mahabharata benar-benar menarik. Saya sangat suka bagian peperangan dan iri dengki antara Kaurawa-Pandawa. Tapi terutama saya sangat suka dengan pengaturan rumit kehidupan tokoh-tokohnya yang sangat sesuai dengan perbuatan dan tindakan mereka semasa hidup.

Yang juga dikenal sebagai karma.

Cerita klasik India ini memang sangat kental dengan kebudayaan dan agama Hindunya. Selain karma, buku ini menunjukkan tingkatan kasta (brahmana, ksatria, paria). Bahwa tiap orang sudah diciptakan sesuai statusnya, bahwa setiap orang harus bertindak sesuai kastanya. Seperti contohnya, kaum brahmana tidak diperbolehkan berperang seperti kaum ksatria.

Banyak sekali peraturan yang dituliskan di buku ini. Dan entah kenapa saya sangat setuju dan menyukai aturan-aturan itu. Mungkin semuanya terkesan sederhana dan kuno. Tapi saya selalu percaya hal-hal seperti itulah yang bisa memberikan arti pada kehidupan.

Lima bintang untuk cerita dasar dan penuturan Nyoman S. Pendit yang cukup aneh. Memang dialog-dialognya sering membuat saya mengerutkan dahi, tapi justru seperti itulah sebuah epos kuno seharusnya diceritakan.

Dreamer should clean up the room... Such a mess...


:)

No comments:

Post a Comment